Pembuatan PBO: Buat Email di Yahoo dan Gmail (Part 1: Yahoo)

Account email adalah salah satu modal utama pembuatan Papan Bimbingan Online. Dalam hal ini, saya merekomendasikan account email di Yahoo dan Gmail. Email di yahoo, pada penggunaannya nanti bisa digunakan untuk mengaktifkan layanan chat atau konseling online melalui chat, selain itu dapat juga mengaktifkan layanan konseling kelompok melalui milis. 

Untuk email di Gmail, nantinya dapat digunakan untuk membuat blog di blogspot. Blog yang saya rekomendasikan di sini adalah blogspot. Kenapa Blogspot, karena banyak fasilitas gratis yang tersedia untuk blogspot dalam membuat tampilannya lebih terlihat menarik. Selain itu, gmail juga mempunyai beberapa website terintegrasi dengan google, seperti 4shared.com yang menjadi tempat siswa mendownload lebih mudah, serta layanan video online di Youtube.

Dalam proses pembuatan ini,
saya mengambil kesimpulan bahwa Anda sudah bisa menggunakan browser internet, seperti Internet Explorer/Mozilla Firefox/Opera,dll. Untuk proses pembuatan email di Yahoo adalah sebagai berikut:

1. Tulis di webbrowser tab www.yahoo.co.id, saya merekomendasikan membuat account di Yahoo Indonesia agar lebih mudah dipahami.

Ketika Anda menuliskan www.yahoo.co.id maka otomatis tabbrowser akan berubah menjad http://id.yahoo.com (1), Apabila Anda sudah memiliki account Yahoo Anda dapat mengklik Sign In (2) (ini tidak saya bahas). Apabila Anda belum memiliki account Yahoo, maka klik Buat Account (3).



2. Setelah klik Buat Account, maka akan muncul gambar dibawah ini :
Tulis data-data Pribadi Anda, Nama Lengkap. Yang tersedia adalah nama depan dan belakang. Jika nama Anda panjang, maka singkat hingga menjadi dua. Pilih jenis kelamin, isi tanggal, bulan, dan tahun lahir (lihat gambar). Selanjutnya adalah proses pemilihan nama email. Nama email boleh dipiliha nama apa saja, nama Anda pun bisa, gabungan nama anda ditambah angka pun boleh. Namun untuk lebih memudahkan dalam mengkomunikasikan email Anda, pilih nama email yang mudah. Dalam contoh, saya membuat email atas nama saya sendiri. Apabila nama Anda ditolak, berarti tandanya sudah ada nama email yang sama dan terdaftar di Yahoo. Pilih nama email sehingga tidak ditolak oleh sistem Yahoo. Apabila pemilihan nama sudah berhasil, maka selanjutnya adalah pemilihan password atau kata kunci email Anda. Pilihlah password hingga indikator disamping tempat password berwarna hijau, agar lebih memudahkan, pilih kombinasi huruf dan angka.

Selanjutnya, isilah pertanyaan bantuan untuk password Anda. Pertanyaan ini berguna ketika Anda lupa password dan menanyakan password Anda pada sistem yahoo, pilih pertanyaan dan berikan jawabannya dan hanya Anda yang tahu. Sebagai contoh, saya memilih pertanyaan seperti diatas. Menuju kebawah akan muncul gambar seperti ini:


Anda diminta untuk mengisi kode verifikasi yang telah ditampilkan, bentuk gambar hurufnya memang terkadang susah, karena itu hati-hati, jika Anda salah menuliskan, maka Anda harus mengulangi mengisi daftar diatasnya, terutama pada bagian password yang harus ditulis ulang. Apabila kode masih belum terbaca oleh Anda, Anda bisa klik "Coba Kode Baru". Setelah pengisian kode Anda berhasil, Klik "Buat Account Saya" dan Selamat...Anda sudah memiliki account di Yahoo. dan muncul gambar berikut:


Gambar diatas adalah penjelasan bahwa Anda sudah mendapatkan email di Yahoo.
Untuk penjelasan cara mengirimkan email, menggunakan Yahoo Messengger, dan Mailing List di yahoo, akan saya jelaskan nanti.

Selamat...!

No comments:

Post a Comment